Pages

Jumat, 27 November 2015

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Selamat Dalam Berkendara

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Selamat Dalam Berkendara. penggunaan kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. menggunakan kendaraan tidak lagi dianggap sebagai kebutuhan akan gengsi semata tapi juga telah menjadi bagian dari kehidupan hampir setiap orang. semakin banyak pengguna akan berdampak kepada semakin tingginya resiko terjadi kecelakaan yang ddapat berdampak buruk bagi pengendara itu sendiri atau orang lain. tips berikut ini adalah bagaimana cara mengurangi resiko terjadinya kecelakaan dijalan dengan 5 hal yang harus selalu diperhatikan agar senantiasa selamat dalam perjalanan.

1. Pemeriksaan Visual
Meskipun sepele, pemeriksaan visual akan sangat membantu mengurangi terjadinya resiko kecelakaan. pemeriksaan visual paling sederhana adalah dengan membiasakan diri memeriksa sekeliling kendaraan sebelum menggunakannya. mulai dari pemeriksaan body, lampu, ban, area disekitar kendaraan dan lain-lain. pemeriksaan visual lanjutan yaitu dengan memeriksa sendiri bagian mesin secara umum. pemeriksaan radiator, fanbelt, air untuk wipper, oli mesin, oli rem, sambungan aki dan lain-lain.
2. Pemeriksaan Berkala
Pada tahap ini pemeriksaan lebih kepada perawatan kendaraan. dengan mengikuti jadual pemeriksaan berkala kendaraan sesuai dengan jadual service, penggantian oli, penggantian sparepart dan lain-lain.
3. Fitur Keselamatan 
Maksimalkan penggunaan fitur keselamatan dalam kendaraan, seperti menggunakan safety belt baik untuk pengemudi maupun penumpang. fitur keselamatan dalam kendaraan baik pasif maupun aktif telah dirancang sedemikian rupa untuk memastikan keselamatan pengguna kendaraan. jadi jangan disia-siakan.
4. Rambu-Rambu
Jangan pernah menyepelekan Rambu-rambu lalu lintas dan keterangan-keterangan pada saat kita sedang berada di jalan. Sebisa mungkin patuhi setiap-rambu-rambu yang ada. ikuti petunjuk jalan dengan benar. dengan mematuhi rambu-rambu, kita tidak hanya telah berpartisipasi dalam menjamin keselamatan kita sendiri, tetapi juga berpartisipasi dalam menjami keselamatan para pengguna jalan yang lain.
5. Administrative
Jangan lupa untuk selalu memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, dan dokumen lain yang diperlukan.

Biasakanlah untuk selalu bersikap dan bertindak aman dalam berkendara sehingga perilaku aman akan menjadi budaya kita dan kemudian lingkungan kita. 5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Selamat Dalam Berkendara dalam tulisan ini semoga dapat menjadikan kita sebagai pengendara dengan budaya keselamatan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.